Popular Post

Popular Posts

Translate

Lagu Ryuzuki

About Me

My photo
Seorang wibu yang banyak waktu luang
Posted by : Kintama Tuesday 30 October 2012

Pengertian Kepemimpinan & Teori Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.


Dalam perkembangannya, teori tentang kepemimpinan berkembang sejalan dengan kemajuan zaman yang dikategorikan Yukl  menjadi lima pendekatan yaitu : 

  1. Pendekatan ciri
  2. Pendekatan perilaku
  3. Pendekatan kekuatan-pengaruh
  4. Pendekatan Situasional
  5. Pendekatan Integrative
Tipe, Gaya, & Perilaku Pemimpin

Dalam melakukan praktik kepemimpinan, sesungguhnya pemimpin melakukan penerapan teori kepemimpinan dan juga menerapkan seni kepemimpinan agar ia berhasil memimpin. Keberhasilan memimpin itu merupakan bentuk pertanggungjawaban perilaku kepemimpinannya.
Seseorang yang memiliki keistimewaan sifat kepemimpinan, baik itu sifat fisik maupun rohaniah, juga telah memiliki kuasa dan wewenang, bahkan penuh bertanggung jawab, namun belum menjamin kepemimpinannya mencapai keberhasilan.

 Ketidakberhasilan itu antara lain karena kelebihan keistimewaan sifat bodang kepemimpinan, kekuasaan, wewenang dan tanggungjawab seorang pemimpin harus dibuktikan dalam berperilaku membimbing anak buah. 
Memimpin anak buah berlangsung di lingkungan kegiatan kepemimpinan, baik perilaku memimpin anak buah itu bersifat formal maupun nonformal. Perilaku kepemimpinan itu menjadi salah satu sarana tolok ukur jaminan keberhasilan pemimpin. Sekalipun perilaku itu sendiri masih perlu ditopang dengan tolok ukur lainnya sebagai pelengkap karena sulit mengukurnya.

Atas dasar itu maka masalah ini akan memfokuskan pada penjelasan tentang perilaku pemimpin, gaya kepemimpinan dan tipe kepemimpinan. Ketiga topik bahasan itu akan diuraikan berikut.

Perilaku Pemimpin

Perilaku seorang pemimpin ketika memimpin anak buah akan memperoleh tanggapan atau reaksi dapat berupa sikap atau perilaku bawahan. Reaksi perilaku itu tidak saja gerakan badan, tetapi termasuk ucapan, sepak terjang sebagai reaksi pengikut terhadap kepemimpinan seorang pemimpin. Tanggapan itu dapat bersifat terang-terangan atau tersembunyi dengan berbagai bentuk.

Tokoh - tokoh yang berhasil memimpin


  1. Jon Koon, pria campuran China dan Amerika ini telah memulai usahanya di usia 16 tahun. Kegemarannya dalam mendesain mobil megantarkannya ke industri pasar automotif hingga hasil desain tersebut banyak dipakai pada acara MTV "Pimp My Ride".
    Pada 2008, dia beralih bisnis pakaian dan hingga sekarang Jon telah memiliki merek pakaian sendiri yaitu Tykoon dengan merek Holdings dengan keuntungan mencapai USD80 juta.
  2. Connor Zwick, pengalaman saat SMU yang kecewa dengan sistem pendidikan yang ada saat itu, Connor memutuskan bahwa inovasi dalam bidang teknologi sangat diperlukan. "Flascards" adalah ide yang dibuatnya saat usia 16 tahun, hingga kini website tersebut merupakan website yang paling populer di dunia pendidikan, dengan 1,6 juta pengguna.
  3. Ray Land menggeluti usaha mobil dan layanan mobil limusin serta menjadi pelatih. di usianya yang ke 17 dia membeli motor pertamanya lalu dia mengantarkan penumpang, hingga pada 2011 perusahaannya telah membeli 65 kendaraan untuk dioperasikan dan nilai pendapatan perusahaan tersebut sebesar USD6,5 juta
  4. Sujay Tyle, pada usia 13 tahun dia mendirikan ReSight yang ditujukan untuk memberantas kebutaan. Ia memulai organisasi nirlaba yang dikhususkan untuk inisiatif dalam membantu tuna netra di Asia Selatan.
    Namun, pada 2011 dia telah memimpin bisnis dan strategi pengembangan Scopely yang memfokuskan pada pengembangan di seluruh dunia dalam membangun game sosial mobile.
  5. Jack Uesugi, besar di Hawai pulau Oahu dengan bakat seni yang diperolehnya dari kedua orangtuanya. Pada usia 16 tahun dia telah mengelola kaos dan menjualnya dengan sistem online. Hingga sekarang, produknya A1000X telah menghasilkan USD5.000 dalam penjualan online


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ryuuzuky~Rikudo - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -